logo
Back to List
Artikel

Kerendahan Hati

thumbnail

                Ada seorang bernama John Bunyan. Ia anak seorang seorang tukang patri yang miskin. Dari hari kehari hidupnya ia rasakan tidak maju-maju. Ia bosan hidup dalam kemiskinan itu. Karena itu, ia berpikir bahwa percuma ia hidup dalam keadaan seperti itu.  Ia ingin hidupnya menjadi lebih bermakna bagi dirinya dan sesamanya. Ia ingin berguna bagi banyak orang.

            Karena itu, ia bertekad untuk menerima Tuhan dalam hidupya. Caranya adalah dengan menyerahkan seluruh kemampuannya kepada Tuhan. Apa yang ia miliki itu ingin ia berikan kepada Tuhan. Ia menyerahkan kemiskinannya, kebodohan, dan kelemahannya. Ia membiarkan Tuhan bekerja atas dirinya. Hasilnya, sangat ajaib. Rupanya Tuhan Menggunakan John Bunyan yang miskin itu untuk menyelamatkan begitu banyak orang.  John Bunyan menjadi pelayan Tuhan yang luar biasa. Orang yang biasa-biasa saja itu menjadi luar biasa dalam melayani Tuhan.

            Rahasia keberhasilan John Bunyan ternyata terletak pada kerendahan hatinya. Menurut John Bunyan, kerendahan hati itu seperti sebuah lembah. Lembah itu biasanya terletak dibagian paling bawah dan pada bagian itu tanahnya subur, pohonnya banyak dan buahnya lebat. Karena itu, orang mesti bertumbuh dalam kerendahan hati. Ia akan menghasilkan banyak buah, kalau ia memiliki kerendahan hati.

            Sering orang merasa diri hebat. Orang merasa bahwa dia dapat melakukan apa saja tanpa bantuan orang lain. Karena itu, ia akan berjuang matian-matian untuk mempertahankan gengsi dan kesombongan dirinya. Orang merasa bahwa dengan kekuatannya sendiri ia dapat melakukan segala sesuatu.

            Tentu saja pandangan seperti ini sangat keliru. Manusia itu makhluk yang serba terbatas. Manusia itu tidak bisa melakukan banyak hal, kalau orang lain tidak membantu. Manusia itu makhluk yang selalu bergantung kepada orang lain.

            Karena itu, tindakan yang diambil oleh John Buyan dalam kisah tadi sangat tepat. Ia merasa diri tidak mampu melakukan banyak hal untuk keluar dari kemiskinannya. Untuk itu, ia menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan. Ia mempercayakan seluruh hidupnya kedalam kuat kuasa Tuhan. Ia yakin, Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang itu akan membantu hidupnya. Tuhan akan selalu peduli terhadap dirinya. Yang penting adalah ia menyerahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan tanpa banyak persyaratan.

            Sebagai orang beriman, kita mesti mendahulukan kerendahan hati diatas segala-galanya. Untuk itu, butuh waktu kesadaran yang mendalam bahwa kita ini manusia yang lemah dan tak berdaya tanpa bantuan dari Tuhan. Kita ini hanyalah makhluk yang terbatas yang dapat melakukan sesuatu yang ajaib, kalau Tuhan senantiasa memberi kekuatan kepada Kita.

            Karena itu, marilah kita menanggalkan segala gengsi dan kesombongan diri yang berlebihan. Kita mesti berani untuk mengulurkan tangan kita meminta bantuan dari sesama kita. Kita mesti senantiasa berserah diri kepada Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Tuhan Memberkati.

Penulis: [Djasarmen Purba]

profil
bayu admin
Published at 06 Mar 2019
Bagikan Artikel facebook-icon facebook-icon
Komentar 0

Artikel Lainnya

thumbnail
Sambutan Ketua Umum DPP MUKI Pada Pendidikan Kader MUKI Angkatan I seri 2
Shalom Peserta Institut Pend...
Selengkapnya 17 Sep 2020
thumbnail
Sambutan Ketua Umum Terpilih Periode 2021-2026 MUNAS Ke-II MUKI 22-23 Juli 2021
Yang kami hormati,Ba...
Selengkapnya 25 Jul 2021
thumbnail
MUKI dan 4 Ormas Kristen Menolak Revisi UU KPK
SUARAMUKI-Jakarta. Dewan Pim...
Selengkapnya 12 Sep 2019
thumbnail
BATIK, Kebanggaan Nusantara
Batik adalah kain yang diluk...
Selengkapnya 03 Apr 2020