logo
Back to List
Artikel

Muswil & Pelantikan Pengurus DPW MUKI Sumatera Utara

thumbnail

Kepada yang terkasih,

  • Pak Ketum
  • Pak Ketua Harian
  • Pak Bendum
    CATATAN PERJALAN SEKJEN

Puji Tuhan pelayanan kami, saya dan Pak Robert Anton Situmeang di Medan sudah berjalan dengan sangat baik, seturut pimpinan Tuhan.

Hari Kamis tanggal 17 November, kami tiba di Bandara Kualanamu sekitar pukul 15.00 WIB. Dan sudah dijemput oleh kawan-kawan dari DPW Sumut dan panitia, yakni Ketua DPW Sumut Bpk Deddy Mauritz, wakil ketua Bpk Marlin Hutajulu, dan Bendahara Panitia. Diajaknya kami makan siang, dan tak lama langsung berlanjut kami menuju ke lokasi acara yakni Nafiri Convention Hall.

Di Naviri Convention Hall, kami sudah ditunggu selain oleh pihak panitia, juga ada Bpk Oki dari Harian Sinar Baru Medan. Saya selaku sekjen dan Pak Robert selaku ketua Departemen OKK, kami diwawancara perihal program MUKI, dan saya sampaikan beberapa pencapaian kita seperti salah satunya keberadaan IPKRC dan juga MUKI TV. Sambil tentunya banyak program kerja lainnya yang saya paparkan, meski ternyata hanya IPKRC dan MUKI TV yang dinaikan dalam berita. Tapi sejauh itu tidak melenceng dari nilai positif, saya rasa bisa dimaklumi.

Setelah kami di wawancara, lalu mulailah kami melakukan rapat dengan DPW Sumut dan panitia. Rapat dikhususkan membahas teknis pelaksanaan Muswil juga undang-undang tata tertib Muswil. Banyak masukan yang kami berikan kepada kawan-kawan DPW yang disambut dgn baik oleh DPW Sumut. Seusai rapat, kami langsung melanjutkan melakukan gradiresik untuk pelaksaan kegiatan Muswil dari awal hingga akhir. Tak terasa pertemuan tersebut berakhir hampir pukul 20.00 WIB, dan kami baru di antar ke hotel untuk taruh barang dan mandi sebentar, dan harus cepat-cepat menuju ke rumah makan untuk makan malam bersama.

Dalam perjalanan menuju ke rumah makan, saya dan pak Robert pisah mobil, pak Robert bersama mobil panitia yg sejak awal menjemput kami, sedangkan saya diajak ikut mobil seorang kawan yang baru mau bergabung dengan MUKI, yakni Bpk Harison, seorang pensiunan yang mempunyai posisi cukup baik di PT Inalum. Seorang yang banyak memiliki kekecewaan terhadap gereja dan organisasi Kristen yang menurutnya selama ini melempem dalam memperjuangkan aspirasi dan membela umat Kristen. Maka dengan sedikit pemaparan dan kiprah MUKI yang saya sampaikan, beliau sangat bersemangat dan menaruh harapan besar terhadap MUKI dan menyatakan kesediaan beliau bergabung dan mendukung MUKI.

Sesampainya di rumah makan, kami berkumpul malam itu dengan para panitia, dan hadir juga Pdt. Otniel Laoly, Ketua DPD Tapanuli Tengah, dan juga Bpk Vantos Waruhu selaku ketua DPD Nias yang juga merupakan anggota DPRD dari Partai Demokrat. Saya banyak berbincang dengan Bpk Vantos ini karena memiliki ketertarikan yang sama di bidang musik, sehingga dari sana jadi pintu masuk saya membangun semangat dan kepercayaan diri Bpk Vantos untuk melayani umat melalui amanat yg diembannya sebagai ketua DPD Nias. Minat beliau di bidang budaya dan pariwisata juga saya sambut baik dan dorong untuk bisa bersinergi juga dengan MUKI. Tanggal 29 November ini beliau akan ke Jakarta dan berjanji mau ngopi bareng dgn sekjen katanya.

Demikian malam itu kami tutup kegiatan kami hingga akhirnya bisa kembali ke kamar hotel hampir pk 23.00 WIB.

Hari kedua

Tibalah kami di hari yang bersejarah bagi DPW MUKI, hari pelaksanaan MUSWIL pertama mereka. Acara di mulai pukul 09.00. Pukul 08.30, saya dan pak Robert berjalan kaki dari hotel menuju ke lokasi acara yang berjarak hanya 500 m. Dan mendekati lokasi acara, bunga papan ucapan selamat kepada MUKI sudah berjejeran menghiasi pinggir kiri dan kanan jalan. Rasanya lebih dari 10 bunga papan yang berjejer manis. Begitupun spanduk ucapan selamat datang dari DPW Sumut juga menyambut kami dan para tamu undangan di depan Nafiri Convention Hall.

Hampir pukul 09.30 WIB, acara baru di mulai, dan diawali dengan ibadah pembukaan. Hadir disana Bpk Pdt. Eben Siagian, yang baru terpilih sebagai Sekum PGI Sumatera Utara didaulat menjadi Pengkhotbah dalam ibadah pembukaan. Dalam pesan khotbahnya yang didasarkan nats pada Yesaya 29:7 yang juga sesuai dengan tema yang diangkat panitia yakni "Bersatu Mengusahakan Kesejahteraan Kota", Pdt Eben Siagian mengingatkan pentingnya berdoa dan bekerja. Dalam pesannya juga disampaikan bahwa Pdt Eben Siagian saat ini sedang "cantik" atau "sexy" di Sumatera Utara, sehingga dicari banyak orang dan memiliki relasi sangat luas di Sumatera Utara, sehingga beliau tuturkan untuk MUKI harus bisa memanfaatkan Pdt Eben Siagian sebaik mungkin. Maka dalam kesempatan setelahnya, saya selaku sekjen mengucapkan terima kasih kepada beliau, dan mengharapkan agar kebermanfaatan dirinya harus dapat sungguh-sungguh dirasakan oleh umat Kristen di Sumatera Utara dan juga MUKI tentunya.

Setelah ibadah dimulailah kegiatan pembukaan Muswil yang diawali dengan beberapa sambutan, yang pertama dari Ketua Panitia Pdt Milko Legie, lalu dilanjutkan oleh Pdt. Rajamin Sirait selaku Penasehat DPW MUKI Sumut, lalu dilanjutkan kata sambutan oleh Dr. Arnot Napitupulu selaku Kabid Kemenag Sumatera Utara. Dalam pesannya beliau memberikan pujian bahwasanya dari banyak organisasi keagamaan, beliau melihat bahwa MUKI ini kedua terbaik dari sisi administratif dan legalitas. Pesan beliau secara umum agar MUKI Sumut dapat menjaga soliditas sehingga jangan sampai terpecah-pecah seperti banyak organisasi lainnya di Sumut. Dan secara khusus beliau menitipkan pesan agar MUKI dapat berperan aktif mendukung program moderenisasi yang akan dilakukan oleh kementrian agama.

Acara selanjutnya yakni kata sambutan dari Sekjen DPP MUKI. Dalam sambutannya diawali dengan perkenalan diri, termasuk memperkenalkan MUKI secara lebih dalam dengan segala visi dan misinya. Begitu pula dengan kiprah dan pencapaian MUKI dalam melayani umat Tuhan, termasuk program-program yang sedang dibangun saat ini seperti IPKRC, MUKI TV, dan LBH MUKI. Tentunya usaha dan perjuangan MUKI dengan pembentukan TimJa di bidang sejarah, pendidikan, dan intoleransi, terus digaungkan guna mendapat doa dan dukungan dari rekan-rekan DPW Sumut. Dalam pesannya, Sekjen mengingatkan untuk DPW Sumut dapat bergandengan tangan, membuang rasa "keakuan/self center", membangun super team, dan membuat program-program yang berdampak dan terasa manfaatnya. Sehingga harapannya suatu hari bisa saja Gubernur atau para petinggi di Sumatera Utara bisa memanggil DPW MUKI Sumut untuk diminta nasehat dan masukannya untuk mengembangkan Sumatera Utara, karena kiprah MUKI sudah bisa dirasakan nyata di tengah masyarakat. Dalam sambutannya juga, Sekjen mendorong agar DPW MUKI khususnya para senior yang ada bisa membuka dan memberi jalan bagi milenial untuk bisa aktif kedepannya di organisasi melalui MUKI. Persiapkan mereka sebagai penerus bangsa dan tentunya sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpian DPW MUKI itu sendiri, karena masa depan MUKI ada di tangan mereka. Apakah MUKI bisa lebih baik atau lebih buruk, ditentukan dari bagaimana kita mempersiapkan generasi muda kita.

Seusai rangkai sambutan, maka secara resmi Muswil DPW Sumut dibuka oleh tabuhan drum dari Kabid Kemenag Sumut dengan didampingi oleh Sekjen DPP MUKI dan Ketua DPW MUKI Sumut. Maka dimulailah Muswil dengan Parpurna 1, dengan mengagendakan Pengesaha Sidang, Pengesahan Jadwal Sidang, Pengesahan Tatib, Pengangkatan dan Pengesahan Pimpinan Sidang, dan Penyerahan Pimpinan Sidang. Dan ditunjuk Pimpinan Sidang yang terdiri dari 5 orang dengan komposisi mewakili DPP 1 orang yakni Bpk Robert Anton Situmeang, didampingi 1 orang dari DPW, 1 dari panitia pelaksana, dan 2 orang utusan dari DPD.

Pimpinan sidang yang sudah ditunjuk mengambil alih jalannya Paripurna ke dua, tiga, empat, dan lima. Pada paripurna ke dua, salah satu agendanya adalah laporan pertanggung jawaban DPW, dan forum menyatakan menerima laporang pertanggung jawaban DPW. Pada Paripurna ke 3, di agendakan penyusunan program kerja. Karena sebelumnya sudah diadakan pra muswil dan dilahirkan beberapa rancangan program kerja, maka ditawarkanlah rancangan tersebut, dan disambut baik dan disetujui sehingga tidak memakan waktu lama, program kerja dapat disahkan pada paripurna ketiga ini. Pada paripurna ke 4, diagendakan pembacaan calon ketua DPW, paparan calon ketua DPW, pemilihan calon ketua DPW, dan penetapan calon ketua DPW. Berdasarkan pasal 12 tata tertib muwil 1 DPW Sumut, maka dimungkinkan hanya ada 3 orang yang memenuhi kriteria sebagai calon ketua, yakni incumbent Pdt. Deddy Mauritz Simanjuntak, MACE, M.Th, Pdt. Marlin Hutajulu, M.Th, dan Pdt. Milko Legie, S.Th. Dan dari 3 nama tersebut, 2 nama yaitu Marlin Hutajulu dan Milko Legie menyatakan ketidaksediaan mereka untuk maju sebagai calon ketua DPW, maka dengan demikian hanya calon tunggal yang ada. Dan tanpa proses berlama-lama, Pdt. Deddy Mauritz Simanjuntak terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPW MUKI Sumatera Utara periode 2021-2026.

Pada paripurna ke 5, Ketua DPW Sumut terpilih meminta waktu untuk berdiskusi dengan Sekjen dan beberapa rekan untuk menyusun pengurus DPW MUKI Sumatera Utara 2021-2026, dan dalam waktu kurang dari 20 menit, terbentuklah susunan pengurus DPW MUKI Sumut dengan masa kepengurusan 2021-2026. Setelah pidato perdana Ketua DPW MUKI Sumut periode 2021-2026, maka selanjutnya masuk kepada acara pelantikan pengurus DPW Sumut oleh DPP yang langsung dipimpin oleh Sekjen DPP MUKI. Prosesi pelantikan semua berjalan dengan khidmat dan ada rasa haru serta bangga yang terlukis di wajah para pengurus yang baru terpilih tersebut. Seusai semua prosesi yang ada serta pengurus mengucapkan janji, pada akhirnya Sekjen berdoa bagi Pengurus DPW MUKI Sumatera Utara 2021-2026. Dengan rangkaian prosesi pelantikan yang sudah berjalan baik dan lancar, maka secara sah Pengurus DPW Sumatera Utara dapat langsung bekerja, mengemban tugas dan amanat yang dipercayakan oleh Tuhan.

Diakhir acara, sebelum ditutup dengan ibadah, hadir pula Ustad Maryono. Beliau adalah Danton Banser NU di Sumatera Utara. Dan selama ini sudah membangun persahabatan yang sangat erat dengan DPW MUKI Sumut. Beliau menyampaikan sambutannya, dan dari sana tersirat gambar yang sangat indah tentang bhineka tunggal ika dan semangat toleransi. Dalam kesempatan tersebut, Sekjen langsung memanfaatkan kesempatan maju ke atas podium memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas kehadiran serta dukungan Ustad Maryono ditengah Muswil. Dan Sekjen memaparkan bahwa MUKI selama ini membuka diri untuk bisa bergandengan tangan dengan semua elemen termasuk diluar Kristen, dan itu semata membuktinya bahwa MUKI bukan organisasi yang exclusive, melainkan sangat inclusive sebab itu DPW MUKI Sumut juga harus menjaga semangat tersebut. Sekjen menitipkan umat Kristen dan MUKI di Sumatera Utara kepada Ustad Maryono mewakili NU di Sumatera Utara. Dan sekjen juga berpesan kepada DPW MUKI Sumut agar bisa membantu juga bilamana diperlukan bantuannya oleh saudara-saudara umat Muslim di Sumut, dan juga umat-umat agama lainnya.

Seusai Muswil yang ditutup dengan ibadah KKR yang dipimpin oleh Pdt Rajamin Sirait, diluar gedung pertemuan sudah ditunggu rekan-rekan wartawan. Dan secara khusus, Sekjen DPP MUKI, Ustad Maryono, dan Ketua DPW MUKI Sumut diwawancara oleh rekan-rekan media. Dan secara khusus ada salah satu wartawan yang mengundang Sekjen untuk diwawancara semacam podcast oleh TV lokal. Demikian rangkaian acara pada proses muswil yanv sudah terlaksana dengan sangat baik dan matang.

Bertepatan dengan ulang tahun Sekjen, secara tak diduga diakhir dari prosesi pelantikan, saat penyerahan pelakat ucapan terima kasih DPW kepada DPP MUKI, tiba-tiba didendangkan lagu selamat ulang tahun yang serentak dinyanyikan oleh peserta muswil di ruangan tersebut. Dan sekjen mendapat kado istimewa yakni doa dari seluruh peserta Muswil Sumatera Utara yang dipimpin oleh Ketua DPW Sumatera Utara yang baru saja terpilih. Dan tidak berhenti sampai disitu, dengan sangat baik hati Ketua DPD MUKI Medan, Bpk Boydo Panjaitan mengajak seluruh yang ada di ruangan untuk makan duren di Sibolang sekaligus merayakan ulang tahun sekjen. Dan ternyata disana pun sudah disiapkan kue ulang tahun oleh pihak panitia, dan itu merupakan kado special yang tidak akan terlupakan. Dan acara ini juga menjadi akhir pertemuan secara resmi kami DPP dengan DPW Sumatera Utara. Setelah diantar kami untuk kembali melakukan test antigen, pulanglah kami ke hotel untuk beristirahat sambil mempersiapkan untuk kepulangan esok hari.

Demikian laporan panjang yang saya buat ini. Dan secara khusus saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan saya mewakili DPP MUKI dapat hadir dalam Muswil 1 DPW MUKI Sumatera Utara. Terima kasih kebaikan hati bapak-bapak sudah perkenankan ini semua ada, secara khusus kepada yang terkasih Ketua Umum MUKI Bpk Djasarmen Purba, dan juga secara khusus kepada Ketua Harian, abangku Dr. Jannus O. Hutapea, yang jauh-jauh di Jakarta tapi memberi hadiah untuk saya di Medan ini. Sungguh anugerah luar biasa bisa menjadi bagian dari Keluarga Besar Majelis Umat Kristen Indonesia.

Tuhan memberkati kita semua.

Medan, 18 November 2021
Dalam pelayanan-Nya,
Pdp. Caesario Colondam.
Sekjen MUKI.

profil
bayu admin
Published at 19 Nov 2021
Bagikan Artikel facebook-icon facebook-icon
Komentar 0

Artikel Lainnya

thumbnail
Lintas Kegiatan
DPD MUKI MINAHASA TENGGARA S...
Selengkapnya 31 Mar 2021
thumbnail
No Golput, Ayo Kita Nyoblos
Kata Golput atau Golongan Pu...
Selengkapnya 18 Mar 2019
thumbnail
Kata Sambutan Ketua DPP MUKI pada Zoom Meeting DPW & DPD MUKI Sumatera Utara
Shalom dan Selamat Sore...
Selengkapnya 18 Sep 2020
thumbnail
MAWARDIN ZEGA: Plasma7 Indonesia Pelopor Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Umat
Plasma7 Indonesia kembali me...
Selengkapnya 20 Aug 2021